Teknologi Hidroponik sebagai Teknologi Pertanian Jepang yang Begitu Mengagumkan

Teknologi Hidroponik sebagai Teknologi Pertanian Jepang yang Begitu Mengagumkan. Jepang merupakan salah satu negara Asia yang terus mengembangkan inovasinya dalam berbagai bidang, khususnya dalam bidang teknologi. Maka tidak heran, perkembangan teknologi di negara Jepang ini sangat disorot oleh negara-negara lain di dunia termasuk Indonesia.

Adanya perkembangan teknologi yang sangat maju di Jepang ini mempengaruhi berbagai bidang lainnya, salah satunya dalam bidang industri pertanian. Sebagaimana kita ketahui bahwa industri pertanian ini sangat penting di sebuah negara karena menyangkut dengan bahan pokok yang akan dikonsumsi oleh para penduduknya. Hal ini pun sangat diutamakan oleh pemerintah Jepang untuk bisa meningkatkan industri pertanian yang bekerja sama dengan berbagai pihak, baik itu para peneliti dan juga pihak swasta.

Perlu Anda ketahui bahwa ada banyak sekali teknologi pertanian Jepang yang begitu mengagumkan, diantaranya yaitu teknologi hidroponik. Maka dari itu, supaya lebih jelas simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Tips Mencari Togel Terbaik Untuk Pemula

Pengertian Hidroponik

Bagi Anda yang baru tertarik dengan dunia pertanian pastinya belum memahami istilah dari ‘hidroponik’ ini bukan? Nah, hidroponik merupakan suatu sistem penanaman tanaman yang tidak menggunakan media tanah sebagai lahan pertanian melainkan hanya dengan menggunakan media air dengan jumlah yang cukup. Tentunya, untuk bisa melakukan penanaman tanaman dengan cara yang seperti ini tidaklah mudah. Dibutuhkan beberapa penunjang supaya bisa memaksimalkan hasil tanaman yang dilakukan melalui metode hidroponik ini.

Biasanya sistem penanaman tanaman yang dilakukan oleh masyarakat Jepang dengan metode hidroponik ini dilakukan di dalam sebuah gedung atau bangunan yang memiliki bentuk seperti kubah yang penuh dengan beberapa lampu pendukung sebagai pelengkap dari cahaya matahari. Selain itu, dalam bangunan tersebut juga dilengkapi dengan pengatur suhu yang berfungsi untuk menstabilkan suhu ruangan supaya memiliki suhu yang sama seperti di kebun asli. Teknologi pertanian Jepang yang cukup canggih bukan?

Teknologi Tanaman Hidroponik

Untuk teknologi tanaman hidroponik yang digunakan oleh masyarakat Jepang yaitu menggunakan sistem yang berbentuk wadah spiral. Oleh karena itu, secara otomatis tanaman akan bergerak ke luar lingkaran secara bertahap. Sehingga ketika masa panen sudah tiba, mereka tidak akan kehabisan stok produk sayuran untuk dijual setiap harinya.

Berbicara mengenai teknologi tanaman hidroponik sebagai teknologi pertanian Jepang di masa depan ini tentunya tidak akan terlepas dari berbagai lampu pendukung yang khusus diciptakan untuk melengkapi cahaya matahari yang tidak dapat diserap oleh tanaman secara maksimal. Maka dari itu, berikut ini kedua teknologi lampu pendukung khusus ketika melakukan penanaman tanaman secara hidroponik diantaranya yaitu:

  • Teknologi LED

Jika kita mendengar kata ‘LED’ pastinya tidak akan terlintas sedikit pun dengan dunia pertanian bukan? Ya, hal ini dikarenakan pada umunya LED digunakan pada dunia digital saja. Namun di Jepang, teknologi LED ini dibuat secara khusus untuk membantu para petani dalam melakukan proses penanaman supaya bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.

  • Teknologi High Pressure Sodium Vapor (HPSV)

Teknologi lampu pendukung lainnya dalam melakukan penanaman secara hidroponik yaitu dengan menggunakan teknologi high pressure sodium vapor. Teknologi pertanian Jepang ini memiliki fungsi yang sama dengan teknologi LED yaitu sebagai pelengkap dari cahaya matahari yang kurang didapatkan secara maksimal.

Mungkin itulah ulasan mengenai teknologi hidroponik sebagai teknologi pertanian Jepang yang begitu mengagumkan. Semoga bermanfaat!