5 Teknologi Pertanian Jepang yang Perlu Kamu Ketahui, Dijamin Keren Banget!

5 Teknologi Pertanian Jepang yang Perlu Kamu Ketahui, Dijamin Keren Banget! Kesuksesan sebuah negara dalam mengembangkan industri pertanian tentunya tidak akan terlepas dari unsur-unsur yang mendukung jalannya proses pertanian tersebut. Salah satunya yaitu teknologi. Dengan adanya berbagai macam teknologi yang bisa digunakan akan mempermudah masyarakat untuk melakukan pekerjaan mulai dari pekerjaan ringan sampai dengan pekerjaan berat sekalipun.

Salah satu negara yang terkenal dengan perkembangan teknologinya yang sangat maju adalah Jepang yang berada di Asia Timur. Hal tersebut pun mempengaruhi perkembangan teknologi pertanian Jepang yang terus mengalami inovasi setiap waktunya. Nah bagi kalian yang penasaran dengan teknologi pertanian apa saja yang digunakan oleh para petani Jepang. Berikut ini merupakan ulasannya, mari simak sampai tuntas!

Baca Juga: Teknologi Hidroponik sebagai Teknologi Pertanian Jepang yang Begitu Mengagumkan

Penanam Padi Otomatis (Rice Transplanter)

Teknologi pertanian Jepang yang sering digunakan oleh para petani disana adalah penanam padi otomatis atau sering disebut dengan rice transplanter. Dengan adanya mesin ini, para petani tidak perlu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menanam seluruh padi dengan lahan yang cukup luas. Proses kinerjanya yang mudah pun semakin membantu para petani untuk mengerjakan pekerjaan yang satu ini.

Rotavator

Selanjutnya teknologi pertanian Jepang yaitu rotavator. Mesin ini biasanya digunakan untuk mengolah tanah, baik itu tanah pertama maupun tanah kedua. Untuk pengolahan tanah pertama biasanya dimulai dari memotong sampai membolak-balikan tanah. Sementara itu untuk pengolahan tanah kedua biasanya dimulai dari merapikan tanah sampai dengan membersihkan tanah dari tanaman liar yang mengganggu.

Bajak Singkal

Fungsi dari bajak singkal ini hampir sama dengan rotavator yaitu sebagai sebuah mesin pengolah tanah. Teknologi pertanian Jepang yang satu ini memiliki dua variasi diantaranya yaitu bajak singkal searah serta bajak singkal dua arah. Tentunya dengan adanya bajak singkal ini bisa mempermudah para petani dalam pengolahan tanah yang dilakukan.

Traktor

Bagi para petani pastinya sudah lazim ketika mendengar suatu mesin pertanian yang dinamakan dengan ‘traktor’ bukan? Nah mesin yang satu ini pun sudah populer di beberapa negara terutama Indonesia. Fungsinya pun hampir sama yaitu sebagai alat pengolah tanah. Terdapat dua variasi traktor yang sering digunakan yaitu traktor yang memiliki roda rantai yang biasa digunakan untuk pengolahan tanah yang berlumpur. Kemudian traktor yang memiliki roda dua yang biasa digunakan untuk pengolahan tanah yang kering.

Alat Pemanen Otomatis

Selain memiliki alat penanam otomatis yang sudah dijelaskan sebelumnya, adapula teknologi pertanian Jepang yang digunakan untuk memanen hasil pertanian. Ada beberapa mesin pemanen otomatis yang sudah lazim digunakan oleh masyarakat Jepang diantaranya yaitu alat pemanen padi otomatis, alat pemanen kacang tanah, alat pemanen kentang, dan alat pemanen tebu. Dengan adanya berbagai alat pemanen otomatis ini akan mempermudah para petani untuk memanen hasil pertaniannya tanpa menghabiskan waktu yang cukup lama. Memang benar-benar canggih ya!

Oleh karena itu tidak heran bahwa meskipun Jepang ini memiliki lahan pertanian yang relatif sedikit, namun mereka bisa menghasilkan produk-produk hasil pertanian yang memiliki kualitas dan kuantitas yang sangat banyak. Hal ini tentunya didukung oleh beberapa teknologi pertanian yang telah kita kupas tuntas satu per satu.

Demikianlah ulasan mengenai 5 teknologi pertanian Jepang yang perlu kamu ketahui. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kamu ya!